Rabu, 04 Februari 2015

Manfaat Ekonomis Lola bagi Masyarakat Kofiau

Manfaat Ekonomis Lola bagi Masyarakat Kofiau

Menurut Efrion Watem, sebagai nelayan lokal di pulau Kofiau, lola adalah salah satu jenis hasil laut yang terdapat di pulau Kofiau dan memiliki nilai jual yang cukup untuk menghidupkan ekonomi masyarakat. Lola juga tidak memerlukan proses pengolahan yang  panjang sehingga nelayan lebih senang untuk mencari lola karena bisa dijual di mana saja dan kapan saja.

Banyak sekali masyarakat di pulau Kofiau yang memanfaatkan lola sebagai sumber pendapatan utama karena cangkang lola memiliki bobot yang cukup berat bila ditimbang. Satu cangkang lola dalam ukuran besar bisa mencapai satu kilogram dan harganya mencapai Rp 40.000 per kilogram. Lola juga bisa dibuat sebagai hiasan rumah dan juga sebagai mata kalung.
Tidak sulit untuk mencari lola. Efrion Watem sering mencari lola pada malam hari dengan menggunakan lampu gas atau petromak. Menurutnya, mencari lola pada malam hari sangat mudah karena malam hari lola keluar dari bawah karang untuk  tinggal di pinggiran karang. Lola juga ada satu musim yang besar yaitu dari bulan September sampai November.
Nelayan lokal di Kofiau menyatakan bahwa di seluruh pulau Kofiau dan Boo terdapat lola yang cukup banyak, dan lola merupakan salah satu biota laut yang mendominasi di perairan Kofiau dan Boo.
Lola sangat mudah untuk didapat dan prosesnya sangat mudah. Tidak sama dengan biota lain yang membutuhkan waktu yang panjang untuk pengolahannya, lola bisa dijual pada saat masih hidup atau masih ada isinya, dan juga bisa dijual pada saat mati atau tanpa isinya.


Nelayan di Kofiau biasanya mencari lola dengan cara menggunakan masker atau kaca molo untuk bisa melihat secara leluasa di dalam air ketika menyelam untuk mencari lola pada siang hari. Tetapi ada juga cara lain, yaitu menggunakan lampu gas atau petromak pada malam hari dengan perahu seman. Dengan cara seperti ini, tidak perlu untuk menyelam ke dalam air.
(Teks: Yance Umpain Foto dan Editing Otis MAmbrasar/TNC)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar